Posted by DKT RISET PEMASARAN on Friday, August 8, 2014
Label:
Artikel,
Label:
Teknik
Central Location Test atau sering disebut atau disingkat dengan CLT adalah salah satu metode Survey dengan cara Tatap Muka (Face to Face) Langsung antara Pewawancara (Interviewer) dengan Responden. Dimana Calon Responden yang memenuhi kriteria tertentu sebagai mana dipersyaratkan , diundang ke suatu lokasi yang nyaman baik di Ruang Publik maupun Tempat yang memang sudah di Rancang sedemikian rupa untuk tempat wawancara tersebut.Rancangan
ini digunakan untuk studi yang memerlukan materi stimulus yang mungkin
akan ditampilkan dan/atau diuji dalam kondisi standar
Misalnya,
dalam tes kemasan mungkin memerlukan menampilkan rak toko dalam ukuran
yang sebenarnya atau mengukur eye-tracking, yaitu tes sensorik
menggunakan pencahayaan khusus dan ratusan sampel (prototype) yang perlu
disimpan dalam kondisi yang cukup aman, dll. {Baca : Pentingnya Segmentasi Pasar}
Central Location Test (CLT) digunakan dalam berbagai situasi penelitian, al:
- Concept tests
- Product tests
- Sensory research
- Advertising/copy test
- Packaging tests
Keuntungan
lain dari teknik ini adalah untuk memastikan keamanan yang ketat dan
langkah-langkah untuk menjaga kerahasiaan ide/konsep.
Keunggulan-keunggulan ini tidak akan ditemui dalam teknik survei
lainnya. {Baca : Strategi Pemasaran}
Berikut ini beberapa skenario test yang bisa disesuaikan dengan tujuan penelitian Anda;
1. Monadic Test
Dalam hal
ini setiap responden menilai hanya satu produk kemudian dituangkan dalam
sebuah kuesioner. Skenario ini digunakan dalam situasi misalnya
peluncuran produk baru, yaitu untuk mengetahui apakah produk yang akan
diluncurkan dapat diterima oleh konsumen. Jenis tes ini juga dapat
digunakan untuk menilai produk-produk inovatif atau tidak memiliki
kompetitor secara langsung di pasar. Jika ada kompetisi, maka tujuan
dari tes ini adalah untuk menentukan posisi produk dalam kaitannya
dengan produk pesaing, dan/atau untuk mengidentifikasi faktor-faktor
yang membedakan dari produk pesaing.
Ini
merupakan tes perbandingan yang paling sederhana, yaitu melibatkan
responden yang diperlihatkan dua produk pada saat yang sama dan meminta
mereka untuk membandingkan dalam hal kriteria yang telah ditentukan
kedalam sebuah kuesioner. Skenario ini juga bisa digunakan untuk
membandingkan formula yang berbeda dari produk yang sedang dikembangkan
dalam rangka mengetahui produk mana yang paling cocok untuk dipasarkan.
Penting untuk diingat, bahwa evaluasi produk dalam tes perbandingan ini
adalah evaluasi yang bersifat relatif, responden akan menilai produk
mana yang menurut mereka adalah baik. {Baca : FGD}
3. Sequential-monadic test
Sequential-monadic
test biasanya digunakan untuk mendapatkan kedua penilaian produk baik
relatif maupun absolute. Skenario ini melibatkan responden yang akan
diminta untuk mengevaluasi beberapa konsep dengan cara dirotasi satu
demi satu.
Pertama,
responden diberikan satu produk dan diminta menilainya melalui sebuah
kuesioner. Kemudian diberi produk yang kedua, dan memintanya untuk
menilai lagi melalui kuesioner kedua. Terakhir, responden diberi sebuah
kuesioner untuk membandingkan produk pertama dan kedua. Responden harus
mendapatkan semua konsep secara merata sebagai titik awal, sehingga
mereka memiliki kesempatan yang sama untuk melihat setiap konsep
pertama. {Baca : Consumer Behaviour}
Skenario ini
berbeda dengan sequential-monadic test karena tidak ada kuesioner untuk
menilai produk kedua. Produk pertama yang dinilai dan produk kedua
hanya digunakan sebagai pembanding produk pertama. Urutan di mana produk
yang diperlihatkan akan dirotasi, sehingga akan memberikan hasil
perbandingan, sekaligus evaluasi pada masing-masing produk. {Baca : Observasi}
5. Repeat paired comparison
Dalam
skenario ini responden diminta untuk membandingkan dua produk yang sama
setidaknya dua kali. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa penilaian
responden tidak akan sembarangan atau hasil dari sekedar kesan sesaat.
Responden akan diberikan dua produk sekaligus, dan sebuah kuesioner
untuk membandingkan diantara keduanya. Namun responden tidak
diberitahukan bahwa produk-produk tersebut adalah sama.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913