Posted by DKT RISET PEMASARAN on Friday, August 1, 2014
Label:
Artikel,
Label:
Teknik
Berdasarkan
tujuannya, riset pemasaran dapat diklasifikasikan dalam
tiga kelompok, meski dimungkinkan adanya kombinasi. Ketiga jenis riset itu adalah :
1. Problem Solving Research, yakni riset
yang diadakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan
masalah-masalah pemasaran. Riset ini
memang berorientasi pada masa lalu. yaitu masalah
pemasaran yang pernah terjadi. Dengan mengidentifikasi masalah yang telah
terjadi dan mendapatkan solusinya, hal itu merupakan investasi untuk tidak
mengulanginya di masa yang akan datang.
2. Controlling Research, yakni riset yang
diadakan untuk pengawasan atau pengendalian proses bisnis dan pemasaran yang sedang
berjalan. Dengan melakukan riset ini secara reguler,
proses bisnis dan pemasaran akan tetap terjaga kinerjanya. Bahkan
seperti dalam riset pengendalian mutu (quality
control) dapat dilakukan
perbaikan berkelanjutan sehingga
dalam jangka panjang dapat diperoleh zero deffect. {Baca : Consumer Behaviour}
3. Planning Research, yakni riset yang
diadakan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan
dalam merencanakan kegiatan pemasaran. Sebuah perencanaan
bisnis atau pemasaran yang baik tentunya perlu didasari informasi yang tepat dan terukur sehingga target akan tercapai
secara optimal berdasarkan tahapan
perencanaan yang matang. {Baca : Strategi Pemasaran}
Sumber data dari riset, baik jenis problem solving, controlling, maupun planning research tersebut diperoleh
dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah objek
riset secara langsung. melalui survei
di lapangan, eksperimen, atau observasi (pengamatan). Data primer ini dapat diperoleh atau dilakukan sendiri
oleh perusahaan bersangkutan atau dari perusahaan jasa riset pasar. {Baca : Jenis2 Data Penelitian}
Sedangkan data sekunder dapat diperoleh secara
tidak langsung dari objek riset dalam bentuk
yang telah dikumpulkan dan diolah untuk publik oleh institusi riset. Kelebihan data
primer dibandingkan data sekunder
adalah pada cakupan informasi yang digali lebih spesifik, fokus, aktual,
dan cukup mendalam. Namun untuk mendapatkan
data primer tentunya memerlukan waktu cukup lama dan biaya yang tidak sedikit. Berbeda dengan data sekunder yang dapat diperoleh dengan biaya yang relatif cukup
murah dan cepat, seperti dari hasil
survei omnibus perusahaan riset, BPS (Biro Pusat Statistik), annual
report, atau melalui gudang informasi dunia, yakni akses Internet. {Baca : Wawancara}
Dalam praktiknya, ada empat faktor utama yang mempengaruhi
keputusan manajemen untuk menjalankan
sebuah riset pemasaran, yakni :
1. Relevansi, keterkaitan riset dengan kebutuhan informasi
pemecahan masalah atau peluang pasar dalam proses pengambilan keputusan pemasaran.
2. Ketepatan waktu, umumnya riset
dilakukan pada saat perusahaan membutuhkan informasi yang
terkait, meski tidak sedikit perusahaan yang secara reguler memanfaatkan hasil riset pasar, seperti data rating iklan atau tracking brand.
3. Ketersediaan data, riset diperlukan saat
informasi/data internal perusahaan kurang memadai
untuk keputusan strategis pemasaran.
4. Biaya & manfaat, keputusan terakhir dari perusahan dalam
mengadakan riset ialah alokasi biaya dengan manfaat yang diperoleh seefesien mungkin.
Apabila keempat faktor tersebut sudah dapat
dipenuhi internal perusahaan, riset
pemasaran bukanlah suatu prestise yang perlu diada-adakan.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913