Posted by DKT RISET PEMASARAN on Friday, August 8, 2014
Angka
pertumbuhan pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 lalu
telah mencapai 71,19 juta orang atau 28% dari total populasi.
Menariknya, pertumbuhan tertinggi justru berada di kawasan Timur
Indonesia (sumber: BPS).
Seiring dengan meningkatnya
teknologi informasi ini, para pengembang software baik dalam maupun luar
negeri begitu gencar merekomendasikan penggunaan software untuk
keperluan survey online. Hal ini kemudian memberikan kesempatan yang
luas bagi para peneliti (researcher) untuk mengembangkan metode
penelitiannya melalui survey online. {Baca : Metode Penelitian}
Kini, seorang peneliti bisa
melakukan penelitiannya "sendiri" mulai dari merancang, menjalankan, dan
menganalisis data. Ini merupakan penghematan besar-besaran baik dari
segi biaya dan waktu jika dibandingkan dengan melakukannya secara
konvensional (face to face interview).
Namun demikian, apakan metode survey
online ini merupakan satu-satunya pilihan terbaik dibandingkan dengan
metode konvensional (seperti angket, telepon, dan wawancara pribadi)?
Berikut kami mencoba menyusun daftar beberapa kelebihan (kekuatan) dan
kekurangan (kelemahan) utama metode survey online pada riset pasar. {Baca : Klasifikasi Riset Pemasaran}
Kelebihan atau Kekuatan
Rendah Biaya
Hal ini karena terjadi penurunan
overhead secara drastis. Pada tahap pengumpulan data tidak terlalu
banyak memerlukan hardcopy seperti kertas kuesioner dan ekspedisi, baik
dalam pendistribusian maupun pengiriman data kembali.{Baca : Consumer Behaviour Research}
Akses Data Otomatis dan Real-time
Responden memasukan data mereka, dan
saat itu juga secara otomatis akan disimpan ke dalam software dalam
bentuk data elektronik. Dengan demikian analisis data menjadi lebih
mudah dan efisien karena data langsung tersedia. {Baca : FGD}
Waktu yang Cepat
Pendistribusian kuesioner dan feed
back data online dilakukan sedemikian cepat. Hal ini tidak bisa
dilakukan dengan menggunakan model survey konvensional. Dalam banyak
kasus, pengiriman kertas kuesioner baik pendistribusian maupun kirim
kembali ke pusat data sering mengalami kendala.{Baca : CLT}
Kenyamanan Responden
Melalui survey online, responden
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan jadwal mereka sendiri, dengan
cara mereka sendiri, dan bahkan dapat mengisi survey pada satu waktu,
berhenti, dan melanjutkannya kembali hingga selesai. Disamping itu,
responden juga akan lebih terbuka dalam menjawab pertanyaan-pertanyan
yang bersifat pribadi seperti; pendidikan, pekerjaan, atau status
ekonomi (SES).
Minim terjadinya Error
Pertanyaan survey dapat diatur
sedemikian rupa sehingga responden tidak akan melewatkan pertanyaan yang
harus dijawab. Terdapat pengaturan jenis jawaban apakah termasuk
Pilihan Tunggal, Ganda, Skala, bahkan Jawaban Terbuka. Seperti yang
telah dikemukakan tadi, karena program yang bekerja, maka kemungkinan
terjadinya error menjadi sangat rendah. {Baca : Strategi Pemasaran}
Kekurangan atau Kelemahan
Keterbatasan Jumlah Sampel dan Responden
Pada populasi tertentu mungkin hanya
sedikit yang memiliki akses internet dan atau merespon kuesioner
online. Di samping itu juga akan menemukan kesulitan untuk menarik
sampel probabilitas berdasarkan alamat e-mail atau kunjungan website. {Baca : Pentingnya Segmentasi Pasar}
Kemungkinan Penghapusan Link
Meskipun survey online dalam
beberapa topik dapat mencapai tingkat respons sama atau bahkan lebih
dari model konvensional, pengguna internet saat ini terus-menerus
dibombardir dengan pesan, baik dalam bentuk newsletter, iklan, maupun
feed. Hal ini membuat para pengguna internet menjadi tidak selektif
dalam melakukan penghapusan e-mail atau pesan di media sosial.{Baca : Product Development}
Screening yang Lemah.
Pada survey dengan topik tertentu,
kita memerlukan feedback dari responden dengan kriteria tertentu pula.
Misalnya, untuk menjawab tentang kepuasan terhadap suatu produk
tertentu, responden haruslah orang yang pernah menggunakan atau
mengkonsumsi produk tersebut. Pada survei konvensional, tahapan
screening ini bisa dilakukan secara langsung baik oleh interviewer
maupun petugas QC untuk memastikan bahwa responden memiliki kriteria
seperti yang telah ditentukan.
Pelaku Cheating
Memang, tidak ada gading yang tak
retak. Dimanapun, dalam industri apapun, selalu saja ada bagian sisi
buruknya. Demikian pula dalam pelaksanaan survey online ini, tidak
menutup kemungkinan adanya "Cheating" atau perilaku curang. Kontrol
terhadap validitas responden sangat lemah karena tidak melibatkan
interviewer dan atau QC dalam proses perekrutannya. Untuk mengetahui
modus kecurangan ini, Anda bisa membaca "Tips Curang" yang disajikan secara gamblang oleh WikiHow.
Tentu saja pilihan mengenai model
survey online ini sepenuhnya akan tergantung pada topik, maksud, dan
tujuan, survei. Namun demikian, telah banyak disimpulkan dari berbagai
pengalaman bahwa model survei konvensional (face to face) dengan kontrol
penuh yang dilakukan oleh QC dengan menggunakan kuesioner online
(berbasis internet) akan lebih efektif.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913