Posted by DKT RISET PEMASARAN on Thursday, August 7, 2014
Label:
Artikel,
Label:
Teknik
Focus group discussion yang lebih terkenal dengan singkatannya FGD
merupakan salah satu metode riset kualitatif yang paling terkenal selain
teknik wawancara. FGD adalah diskusi terfokus dari suatu group untuk
membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai.
Jumlah pesertanya bervariasi antara 8-12 orang, dilaksanakan dengan
panduan seorang moderator. Berbeda dengan riset kuantitatif yang metodologinya memiliki sifat pasti(exact),
metode FGD yang bersifat kualitatif memiliki sifat tidak pasti, berupa
eksploratori atau pendalaman terhadap suatu masalah dan tidak dapat
digeneralisasi.
Kualitas hasil FGD sangat bergantung dari kualitas moderator yang
melaksanakannya. Menjadi moderator susah-susah-gampang. Biasanya bagi
rekan-rekan yang pertama kali memandu FGD akan merasa kebingungan dengan
alur pembicaraan yang melompat-lompat dan repot menangani sifat-sifat
peserta FGD yang sangat berbeda-beda Bagi saya pribadi, FGD memiliki
tantangan yang unik dibanding metode riset lainnya. Saya pernah stuck
di sesi FGD yang sangat kaku karena di salah satu perusahaan milik
pemerintah daerah itu, memutasikan pegawai ke daerah pelosok, semudah
membeli gorengan di warung depan kantor.
Anda bisa bayangkan bagaimana
peserta sedapat mungkin menutup mulut rapat-rapat, tidak berpendapat.
Atau di kesempatan lainnya saat menjalankan FGD dengan peserta ibu-ibu
arisan dengan SES C dan D. yang suasananya lebih mirip demo panci
jepang, karena riuh rendah saling berebut bicara.
Ini semua memberi pengalaman yang berharga untuk dibagi pada Anda.
Berikut adalah beberapa hal yang saya sarikan dari pengalaman saya
menjadi moderator berbagai forum FGD. Semoga bermanfaat sebagai gambaran
bagi rekan-rekan yang akan mulai terjun menjadi moderator FGD
profesional.
- Terlibat dalam pembuatan moderator Guideline.Moderator
guideline adalah dokumen yang berisi panduan bagi moderator mengenai
topik FGD, pertanyaan apa yang harus diajukan dan faktor-faktor apa yang
ingin didalami (probe) dalam FGD. Moderator guideline memiliki
fungsi yang hampir sama dengan kuesioner pada metode survei, sehingga
perlu dipahami secara mendalam oleh moderator. Yang paling baik tentu
saja Anda sendiri sebagai moderator yang mengembangkan moderator guideline, namun jika Anda tidak dapat melakukan hal ini, ikut terlibat dalam pembuatannya adalah syarat minimal. {Baca : Strategi Pemasaran}
- Membangun rapport dan suasana yang menyenangkan di awal sesi.FGD
yang optimal diadakan dalam atmosfer santai namun fokus. Jika peserta
tertekan atau merasa tidak nyaman, maka jawaban dan pernyataan yang
dikeluarkannya seringkali bukanlah pernyataan yang sebenarnya. Hal ini
tentu membawa bias bagi kesimpulan yang ditarik. Suasana santai dapat
dibangun dengan layout ruangan yang cozy, dan relaxing music yang diputar sebelum sesi dimulai. Sedangkan rapport dibangun
dengan bincang-bincang santai antara moderator dan peserta yang datang
terlebih dahulu. Jangan pernah membiarkan peserta datang tanpa disambut
dengan hangat, atau peserta akan menyesal telah memutuskan untuk
menghadiri sesi ini. {Baca : Wawancara}
- Latih dan manfaatkan peripheral vision.
Jika anda menatap lurus ke depan fokus pada suatu benda yang berjarak
kurang lebih 2-3 meter, perhatikan bahwa yang tertangkap pandangan Anda
bukan hanya benda tersebut. Tanpa menggerakkan bola mata, Anda tetap
dapat melihat benda yang kurang lebih berada di samping kanan atau kiri.
Inilah yang disebut peripheral vision. Saya biasa melatih cara
memandang ini untuk mengetahui bahasa tubuh peserta FGD lain ketika
pertanyaan saya ajukan kepada salah satu peserta. Bahasa tubuh peserta
lain yang memberi pesan setuju atau tidak setuju, perlu kita perhatikan
sebagai eksplorasi pendapat pada suatu pokok bahasan.{Baca :CLT}
- Mulai dari yang luas, mengerucut kepada yang spesifik.
Setelah kita mengajukan pertanyaan yang umum, jawaban biasanya masih
bersifat lateral dan sangat bervariasi. Jangan terjebak untuk mendalami
setiap respons pada kali pertama respons tersebut muncul, atau Anda akan
merasa terjun terlalu detail sehingga kehilangan big picture
atas pertanyaan tersebut. Biasakan untuk melakukan listing dengan
menuliskan pada secarik kertas atau jika ingin terlihat luwes, hapalkan
saja. Setelah semua alternatif respons keluar, baru Anda coba untuk
mendalami satu per satu.
- Lihat yang tersirat, bukan hanya yang tersurat. Isi
respons adalah suatu hal, namun bagaimana cara menyampaikan jawaban
tersebut juga unsur lain yang perlu diperhatikan. Lihat secara lebih
dalam apabila muncul ; senyum kecut, tertawa sinis, anggukan yang
gamang, atau respons berapi-api yang tidak wajar. Hal-hal ini memberi
sinyal bahwa ada sesuatu di balik jawaban yang diberikan.
- Gunakan Humor untuk mencairkan suasana. Banyak
keadaan kritis yang bisa dinetralisir dengan humor. Kadang-kadang
resistensi atau keengganan menjawab juga dapat diminimalisir dengan
humor. Namun demikian, selami budaya peserta untuk memastikan bahwa
humor Anda bukan yang menyinggung namun mendekatkan hubungan Anda dan
peserta FGD.
- Jangan menerima jawaban umum yang normatif. Save the best for last.
Saya menyimpan tips paling penting di akhir tulisan ini. sebagai
moderator FGD, kualitas analisis kita ditentukan oleh seberapa spesifik
respons yang kita dapatkan. Kita tidak menerima jawaban semacam : “ohh
service di outlet ini bagus kok…” Jika mendapat jawaban seperti itu,
indera moderator Anda harus berdering dan ajukan pertanyaan untuk
mendalami jawaban tersebut seperti ;” bagus
seperti apa yang ibu maksud..?”. nah kejelian Anda untuk
mengidentifikasi respons semacam ini perlu selalu diasah. Amati respons
yang memiliki unsur generalisasi, distorsi, atau eliminasi.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913