Posted by DKT RISET PEMASARAN on Wednesday, July 30, 2014
Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Semua orang, setiap hari,
bahkan setiap saat membutuhkan makanan. Jumlah penduduk Indonesia yang
sangat banyak merupakan potensi yang luar biasa untuk bisnis makanan.
Ditambah lagi kecenderungan masyarakat sekarang yang malas membuat
makanan sendiri. Kebanyakan lebih berpikir praktis dengan membeli
makanan yang sudah jadi. {Baca : Konsep Pemasaran}
Berbagai jenis makanan yang menjadi peluang untuk bisnis dengan modal kecil antara lain adalah:
- Snack
- Oleh-Oleh
- Makanan Tradisional
Snack
Sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap snack sangat besar,
baik di pedesaan maupun di perkotaan. Di pedesaan, masyarakat banyak
yang membutuhkan snack untuk acara arisan, pengajian, menjamu tamu,
konsumsi tukang, maupun untuk sarapan keluarga. Di perkotaan lebih
banyak lagi kebutuhan akan snack. Hampir setiap hari di berbagai kantor
ada acara rapat dan pasti membutuhkan snack. Bahkan dalam satu kantor
mungkin ada beberapa rapat pada departemen yang berbeda-beda. Hal
tersebut menjadi peluang yang sangat baik untuk berbisnis makanan snack. {Baca : Strategi Pemasaran}
Strategi yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis snack ini
didasarkan pada pertimbangan apakah kita akan menjadi produsen atau
menjadi penjual. Sebagai produsen maksudnya kita hanya membuat snack dan
menitipkan di tempat penjualan snack. Sebagai penjual maksudnya kita
sebagai pengepul dari produsen yang menitipkan makanan dan menjualnya di
tempat yang strategis. {Baca : Consumer Research}
Jika kita memilih sebagai produsen, maka hal yang harus dilakukan
adalah memilih jenis snack yang akan dibuat. Pemilihan jenis snack
dilakukan dengan pertimbangan selera masyakarakat, jumlah produsen yang
telah memproduksi, keahlian kita dalam membuat, dan ketersediaan bahan
baku. {Baca : Product Development}
Untuk acara-acara rapat, pertemuan, atau pengajian, paling banyak
diminati adalah jenis snack yang gurih, manis, dan kriuk. Maka biasanya
komposisi snack dalam satu dus terdiri dari snack gurih dalam bentuk
gorengan, manis, dan kacang goreng atau sejenisnya. Dengan pertimbangan
tersebut, maka jika kita ingin bisnis snack pilihlah produk snack yang
memiliki karakter gurih, atau manis, atau kriuk. Snack gurih misalnya
martabak, risoles, tahu baks0, tahu isi, mendoan, dll. Snack manis
misalnya kue lapis, puding, pukis, pisang goreng, brownies, bolu, dll.
Snack kriuk misalnya kacang goreng, mete goreng, kedelai goreng, kripik
jagung, kripik singkong, dll. Yang perlu diperhatikan adalah produk yang
kita buat harus mempunyai inovasi, jangan sama dengan produk orang
lain, baik dari segi rasa, bentuk, maupun penampilannya. Keunikan produk
akan sangat mempengaruhi daya tarik bagi pembeli. {Baca : FGD}
Setelah kita mempunyai produk, maka selanjutnya kita hubungi para
pengepul/penjual snack yang sekarang banyak kita jumpai diberbagai
tempat di sekitar kita. Sekarang ini tidak kesulitan mencari tempat
menitipkan jual makanan, yang penting kita berani dan tidak malu untuk
menitipkannya. Ingat, menitipkan jualan snack dilakukan pagi hari,
setelah sholat subuh. Oleh karena itu biasakan bangun pagi. Untuk
pertama menjual, sebaiknya jangan menitipkan terlalu banyak dulu.
Pertambahan produk yang dijual disesuaikan dengan jumlah barang yang
habis terjual setiap harinya. Biasanya, jika barang kita sudah pernah
terjual, akan ada pesanan dengan jumlah yang cukup banyak. Maka,
siap-siap lembur.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913
Sumber : http://tirman.wordpress.com/peluang-dan-strategi-bisnis-makanan-dengan-modal-kecil/