Posted by DKT RISET PEMASARAN on Thursday, July 31, 2014
Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen
merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan.Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan
organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran
serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:
1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)
5. Andalah yang menentukan (United Airlines)
6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang
pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan,
permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran,
transaksi dan hubungan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan,
keinginan dan permintaan;
- Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketidak puasan dasar tertentu
- Keinginan adalah Kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. {Baca : Product Development}
- Permintaan adalah Keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. {Baca : Consumer Behaviour}
Falsafah konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan
terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan
dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk
memenuhi tujuan tersebut. Meskipun orientasi pembeli ini dibatasi oleh
tujuan laba dan pertumbuhan, tetapi konsep itu perlu dilaksanakan.
Karena dapat meningkatkan penjualan .
Pada dasarnya, perusahaan yang ingin mempraktekkan orientasi konsumen ini harus :
- Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi
- Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya
- Menentukan produk dan program pemasarannya
- Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka
- Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah
menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang
menarik.
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913