Posted by DKT RISET PEMASARAN on Wednesday, July 30, 2014
BANDUNG, itb.ac.id - Parameter keberhasilan dalam berbisnis salah
satunya ditentukan oleh segmentasi dan target pasar yang baik. Berawal
dari hal tersebut Keprofesian Mahasiswa Teknik Industri (MTI) ITB
bekerja sama dengan Campus Marketeers Club menyelenggarakan seminar
bertajuk "Segmentasi dan Targeting dalam Membidik Pasar". Acara
tersebut bertempat di Ruang Seminar, Program Studi Teknik Industri
(TI) dan Manajemen Rekayasa Industri (MRI) ITB pada Rabu (26/02/14).
Seminar
tersebut diisi oleh Waizly Darwin selaku Chief of Executive Marketeer
Media. Sebelum mengkaji lebih dalam mengenai segmentasi, sebenarnya
apakah kunci dari pemasaran itu sendiri? Pemasaran memiliki 4 kunci
utama yaitu Creating, Communicating, Delivering, dan Value (CCDV). Kunci utama tersebut nantinya akan diterapkan dengan menganalisis konsumen. Perubahan pada lingkungan, ekonomi, dan social culture
membuat kompetisi dan konsumen berubah sehingga harus selalu ada
hal-hal baru yang diciptakan. {Baca : Konsep Pemasaran}
"Salah satu caranya adalah dengan
membangun strategi pemasaran," tutur Waizly. Membangun strategi
pemasaran dapat menggunakan analisis lanskap. Analisis lanskap bermula
dari mengapa, apa, dan bagaimana. Bagaimana membangun pemasaran yang
baik? {Baca : Strategi Pemasaran}
Terdapat 9core model yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Dengan menitikberatkan pada 3 tahap yaitu strategi-taktik-value. Strategi
dalam hal ini adalah posisi dalam konsumen. Didalam posisi inilah
terdapat segmentasi dan targeting. Segmentasi dan targeting menurut
Hermawan Kartajaya adalah proses membagi pasar menjadi segmen-segmen
yang lebih kecil berdasarkan karakteristik serupa dari perilaku
pelanggan, dan kemudian menentukan segemn-segmen mana yang mau kita
layani. Dalam tahap taktik dapat dilakukan diferensiasi produk dan cara
menjual kepada konsumen.{Baca : FGD}
"Terdapat tiga tipe pembeli di Indonesia yaitu snob, smart, dan dumb," ujar Waizly. Tipe snob adalah konsumen yang tidak peduli dengan harga, biasanya lebih kearah lifestyle ataupun status di masyarakat. Kedua, tipe smart adalah konsumen yang membeli produk secara rasional atau masuk akal. Dan terakhir adalah tipe dumb
yang hanya mementingkan harga yang murah. Hal tersebut menggambarkan
pasar yang terdapat di Indonesia sehingga dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dalam pembangunan strategi pemasaran. Segmentasi
berdasarkan psikografis era ini ternyata lebih akurat dibanding dengan
demografi atau geografis.
Alasan
kenapa segmentasi itu penting adalah sebagai deskripsi dan identifikasi
ukuran pasar, lebih fokus dalam alokasi sumber daya, dan sebagai dasar
pengembangan 4P (Product, Price, Place, Promotion). Selain
itu, karakter kunci segmentasi harus dapat diukur, segmen harus
menguntungkan, dan harus dapat di akses dan dilayani secara efektif.
Sumber : http://www.itb.ac.id/news/4228.xhtml
Jika Anda Memerlukan Riset Pemasaran
WhatsApp
No: 0838 9312 8913